Kamis, 29 Oktober 2015

Cara Menurunkan Kolesterol

Tidak ada komentar



 

Cara menurunkan kolesterol



LDL (Low Density Lipoprotein) merupakan kolesterol jahat yang dapat mengakibatkan adanya pengendapan pada arteri, inilah salah satu yang memicu timbulnya penyakit jantung dan juga stroke. Sedangkan HDL (High Density Lipopreotein) adalah jenis kolesterol baik yang tidak mengakibatkan terjadinya endapan pada arteri dan berfungsi mencegah adanya plak pada dinding pembuluh darah kita.

Kolesterol dalam tubuh kita bisa bersumber dari makanan yang kita konsumsi dan juga organ hati. Bahkan 80% kolesterol dalam tubuh kita sudah diproduksi oleh organ hati sehingga tidak perlu kolesterol tambahan dari luar tubuh. Beberapa makanan yang mengandung kolesterol tinggi antara lain yakni daging, susu, dan juga telur. Meskipun semua jenis makanan tersebut juga mempunyai manfaat bagi kesehatan kita namun ada baiknya batasi dalam mengkonsumsinya, terutama kuning telur karena makanan ini mengandung tinggi kolesterol.

Cara menurunkan kolesterol secara alami sangat disarankan banyak pihak termasuk dokter sekalipun. Mengatur pola makan serta olahraga rutin merupakan cara terbaik yang dapat anda lakukan. Apabila anda menderita kolesterol tinggi, berikut ini tips-tips dan cara menurunkan kolesterol yang terbukti efektif.


1. Olahraga secara rutin
Olahraga menjadi salah satu hal yang penting untuk menurunkan kadar kolesterol, tidak harus melakukan olahraga berat atau bergabung gym. Anda dapat melakukan olahraga kardio seperti jogging, lari ditempat dan lainnya. Selain menurunkan kadar kolesterol tentunya juga dapat menyehatkan jantung dan menurunkan berat badan.

2. Mengurangi konsumsi gluten
Gluten merupakan kandungan yang terdapat dalam pati seperti tepung. Hindarilah makanan yang terbuat dati tepung atau gandum karena makanan tersebut tinggi akan gluten. Gandum juga tidak selamanya sehat dan baik untuk kesehatan.

3. Mengubah pola makan sehat
Berbagai makanan sangat penting untuk menurunkan kadar kolesterol anda. Konsumsilah makanan makanan nabati seperti sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daing, susu, mentega, keju, makanan bersantan, dan makanan berminyak.

4. Memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran
Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, untuk lebih baik anda bisa mengkonsumsi buah buahan dan sayur yang mengandung fitosterol. Pasalnya buah yang mengandung fitosterol juga mempunyai kandungan serat, dimana kandungan serat ini mampu mempercepat penyerapan kolesterol dalam usus kita. Anda dapat menemukan kandungan fitosterol dalam buah anggur, apel, kacang tanah, kedelai, pisang, melon, sayur buncis, brokoli, kembang kol.

5. Konsumsi makanan penurun kolesterol
Kolesterol dalam tubuh kita sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi. Untungnya ada banyak sekali makanan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi. Beberapa makanan tersebut yakni seperti jus kubis, oatmeal, buah belimbing, buah naga, buah melon, buah alpukat, sayur kubis, buncis, brokoli, kedelai, ikan dengan kandungan omega 3, teh, dan masih banyak lagi.

Kurangi atau hindari beberapa makanan berikut ini:
Goreng-gorengan, mentega
Kuning telur, telur puyuh, otak sapi, daging sapi berlemak, gajih sapi dan kambing
Susu berlemak tinggi, keju, dan susis
Udang, kepiting, siput, belut, kerang, cumi-cumi

Itulah tips dan cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang dapat anda lakukan mulai dari sekarang. Setelah menerapkan beberapa cara diatas, anda dapat melakukan pengecekan darah di laboratorium maupun di rumah sakit guna mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh. Demikian ulasan kesehatan pada kesempatan kali ini, selamat mencoba dan semoga anda lekas sembuh.Semoga cara menurunkan kolesterol ini berhasil.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar